Investasi

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Kaisar Jepang Naruhito untuk datang ke Tanah Air untuk membahas langkah-langkah menjaga stabilitas politik internasional.

Rencana ini disampaikan oleh Fadjroel Rachman selaku Juru Bicara Presiden. Ia mengatakan undangan tersebut sejatinya sudah disampaikan kepala negara saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu di Istana Merdeka pada Jumat (10/1).

“Presiden Jokowi saat ini aktif membangun kerja sama internasional agar kondisi stabilitas politik yang baik,” ujar Fadjroel (12/1).

Tujuan menjaga stabilitas politik internasional perlu dilakukan dengan Jepang karena kedua negara memiliki kesamaan pandangan keselarasan dan perdamaian. Pasalnya, Kaisar Naruhito merupakan pemimpin era Reiwa di Jepang yang berarti keselarasan.

Bukan hanya itu, pertemuan ini juga untuk memperkuat jaringan diplomasi global agar kedua negara bisa sama-sama kuat dalam menghadapi krisis global. Tak ketinggalan, pertemuan itu diharapkan juga menjadi simbol kekariban lintas negara dengan agama berbeda. (ant)