Aplikasi Lulusan Apple Developer Academy Mendapat Apresiasi

Kastara.ID, Jakarta – Seusai memberikan sambutan pada kelulusan siswa angkatan pertama Apple Developer Academy, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati didampingi oleh Direktur Apple Developer Academy Internasional, Gordon Shukwit, berkeliling melihat tempat para siswa mengembangkan ide-idenya.

Gordon memberikan penjelasan bagaimana Apple menyiapkan berbagai peralatan maupun ruang belajar yang diharapkan dapat memunculkan ide kreatif dari siswa-siswanya.

Terdapat dua kelompok yang mempresentasikan aplikasi yang telah mampu mereka kembangkan. Pertama, aplikasi Khairan, yaitu aplikasi yang bertujuan membantu muslim tunanetra, terutama untuk menemukan arah kiblat.

“Jadi, HP akan bergetar saat menemukan arah kiblat?” tanya Menkeu kepada siswa dengan antusiasnya, Selasa (12/3).

Selanjutnya, di ruang belajar itu kelompok kedua menjelaskan mengenai aplikasi Nadi, yaitu sebuah aplikasi untuk membantu menemukan donor darah yang tepat saat keadaan darurat. Aplikasi ini terinspirasi dari sebuah kejadian dimana terdapat keluarga yang sulit menemukan donor darah. Oleh sebab itu, para siswa pengembang aplikasi ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memperoleh data mengenai donor darah, termasuk profil sang pendonor.

Baca Juga:  Fiji Ajak Indonesia Kembangkan Turisme dan Sektor Energi

“Saya yakin sudah banyak yang mengawasi dan menawarkan kalian pekerjaan. Namun apa pun pilihan jalur karir Anda, ingatlah untuk tetap memiliki tanggung jawab sosial kepada lingkungan Anda,” pesan Menkeu kepada seluruh siswa lulusan angkatan pertama. (mar)