Kelik Miyarto

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menargetkan sebanyak 1.000 kader PKK dapat menjadi pengusaha baru melalui program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas PPAPP DKI Jakarta Kelik Miyarto mengatakan, saat sudah ada 230 kader PKK yang mengikuti tahap pendampingan (P3).

“Kita ingin kader PKK semakin sejahtera, perekonomian keluarganya meningkat,” ujarnya, Selasa (12/3).

Kelik menjelaskan, Dinas PPAPP sudah menyiapkan wadah pemasaran bagi kader PKK yang telah melewati tahap P3 dengan menyediakan galeri atau ruang pameran di lobi Gedung A Dinas PPAPP DKI Jakarta di Pulogadung, Jakarta Timur.

“Galeri atau showroom itu dilengkapi etalase. Kami juga mencantumkan harga dan contact person pembuat produk,” terangnya.

Selain itu, sambungnya, Dinas PPAPP juga membantu promosi dan pemasaran produk melalui pameran-pameran berskala nasional seperti Hari Keluarga Nasional (Harganas), Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG), dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

“Kami juga rutin mengadakan pameran di Balai Kota DKI Jakarta. Dinas PPAPP mendapat jatah tiga kali dalam satu tahun,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebelum diikutsertakan dalam pameran, terlebih dahulu dilakukan kurasi untuk memastikan produk mereka layak dipasarkan.

“Mayoritas merupakan produk kuliner, fesyen, dan kriya,” tandasnya. (hop)