Bapera

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri kegiatan donor darah dan bakti sosial berupa pembagian sembako oleh DPD Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi DKI Jakarta di Kantor Kelurahan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan (11/4).

Ia mengapresiasi kegiatan positif yang juga merupakan kolaborasi dengan PMI Provinsi DKI Jakarta dan Perumda Pasar Jaya tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi prakarsa DPD Bapera Provinsi DKI Jakarta. Karena, di masa pandemi COVID-19 ini, kita harus memiliki rasa kepedulian dan solidaritas yang tinggi kepada sesama. Donor darah dan pembagian sembako kepada masyarakat tidak mampu ini saya harapkan berjalan lancar, aman, dan sukses, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ucap Wagub Ariza yang juga menjabat Ketua Dewan Pertimbangan DPD Bapera Provinsi DKI Jakarta, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Wagub Ariza menyampaikan, persediaan darah di PMI DKI Jakarta bukan hanya dimanfaatkan oleh warga Jakarta yang membutuhkan, tetapi juga korban bencana di berbagai daerah di Indonesia. Demikian juga bantuan sosial yang merupakan rasa solidaritas dan kepedulian kepada masyarakat tidak mampu, termasuk mereka yang terdampak secara sosial-ekonomi pada masa pandemi.

“Saya berharap, sembako ini dapat disalurkan secara tepat sasaran kepada warga yang membutuhkan, disertai harapan semoga momentum kegiatan ini makin menumbuhkan semangat dan kerja keras kita semua dalam penanganan pandemi COVID-19, serta membantu penyediaan pangan sehari-hari,” ujar Wagub Ariza.

Selain itu, Wagub Ariza berpesan kepada segenap pengurus serta kader Bapera DKI Jakarta agar semakin peka melihat berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar. Wagub Ariza berharap, Bapera DKI Jakarta berperan aktif dalam program-program pembangunan di Jakarta, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan Pemprov DKI Jakarta dalam mengatasi beragam permasalahan yang ada di Ibukota, khususnya penanganan dampak pandemi COVID-19.

“Kondisi Jakarta terkait dengan COVID-19, DKI Jakarta saat ini kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, diterapkan di Jawa – Bali, di tengah tingginya temuan kasus COVID-19 di beberapa kota. Ini artinya, kita masih harus berjuang dan saling menjaga, agar pandemi COVID-19 segera dapat diatasi. Dalam kaitannya, saya mengajak kepada segenap pengurus dan kader DPD Bapera DKI Jakarta menjadi garda terdepan untuk berkolaborasi memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, melalui kampanye 3M,” kata Wagub Ariza.

Sementara perwakilan PMI Provinsi DKI Jakarta, Syarifuddin, menyatakan, kegiatan donor darah itu sangat membantu pemenuhan kebutuhan darah di Jakarta. Ia melaporkan, kegiatan itu diikuti 200 orang mengingat keterbatasan tempat. Syarifuddin pun turut mengapresiasi peran aktif Bapera DKI Jakarta dalam membantu pemenuhan kebutuhan darah di Jakarta.

“Apa yang digagas Bapera Jakarta Selatan dengan dukungan DPD dan DPP ini sangat membantu kami. Selanjutnya untuk melayani 200 rumah sakit dan poliklinik, dibutuhkan 1.400 kantong darah per hari. Sedangkan dalam situasi pandemi ini, kita hanya mampu 200 kantong per hari. Syukur, hari ini kami cukup tertolong. Nanti hasilnya disumbangkan ke rumah sakit yang dalam skala prioritas,” ungkapnya.

Syarifuddin melanjutkan, plasma konvalesen dalam tiga bulan terakhir telah terdistribusi sebanyak 5.727 kantong. Hal itu tak lepas dari dorongan Gubernur dan Wagub Provinsi DKI Jakarta kepada masyarakat yang memang sudah waktunya mendonorkan plasma konvalesen.

Perlu diketahui, dalam kegiatan donor darah dan bakti sosial tersebut, turut hadir Bendahara Umum DPP Bapera Syamsu Rahman, Ketua DPD Bapera Provinsi DKI Jakarta Basri Baco, Ketua Bapera Jakarta Selatan Agus Riyanto, Asisten Kesra Walikota Jakarta Selatan Said Ali, Lurah Ulujami Ahmad Hasan Husaini, serta beberapa tokoh dan pejabat pemerintahan terkait lainnya. (hop)