Ridwan Kamil

Kastara.ID, Jakarta – Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menerangkan, jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) dijadwalkan tiba di Indonesia, Ahad (12/6) petang.

Jenazah langsung dibawa ke Bandung, Jawa Barat, melalui jalur darat untuk dibawa ke rumah duka dan dimakamkan keesokan harinya.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Judha Nugraha mengungkapkan, jenazah Eril diterbangkan dari Bandara Zurich, Swiss, pada Sabtu pukul 10.10 waktu setempat (15.10 WIB) dan dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Ahad petang pukul 15.45 WIB.

Jenazah Eril terbang dari Swiss satu flight dengan Ridwan Kamil beserta keluarga.

“Kita doakan bersama proses pemulangan jenazah Ananda Eril dapat berlangsung lancar hingga nanti proses pemakaman,” terang Judha dalam keterangannya (12/6).

Sedangkan pihak keluarga yang diwakili Kakak kandung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengungkapkan, jenazah Eril diperkirakan tiba di kediaman resmi gubernur di Gedung Pakuan, Kota Bandung, pada Ahad malam.

“Diperkirakan tiba malam hari dan pada saat tiba akan ada acara keluarga inti. Semuanya di Gedung Pakuan sekitar jam 22.00 atau 23.00 WIB malam,” ujarnya dalam siaran persnya secara virtual.

Erwin yang mewakili pihak keluarga kembali menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Kementerian Luar Negeri, dan Dubes RI di Swiss serta seluruh pihak yang sudah membantu rencana pemulangan jenazah Eril dari Swiss.

Terpisah, Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Gatot Repli Handoko menegaskan, Polri siap memberikan pengawalan terhadap jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril saat tiba di Tanah Air hari ini.

“Polri nanti tetap akan memberikan back up berupa pengawalan, dari mulai bandara sampai ke rumah duka,” ungkapnya (12/6).

“Ke tempat pemakaman itu juga teman-teman dari Polda Jawa Barat pasti akan menurunkan petugasnya untuk membantu proses itu nanti,” tandasnya. (ant)