Kastara.ID, Wamena – Di sela kunjungannya melihat prajurit yang bertugas di wilayah Kodim 1702/Jayawijaya, Danrem 172/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan melaksanakan panen raya hipere (ubi jalar) bersama masyarakat Kampung Wara, Distrik Pisugi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 172/PWY, Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan dalam rilis tertulisnya di Wamena, Papua, Ahad (12/7).

Diungkapkan Kapenrem, kunjungan ini merupakan kali pertama bagi Brigjen TNI Izak Pangemanan sebagai pejabat baru bersama Ketua Persit KCK Koorcabrem 172/PWY, Juliet Izak Pangemanan ke Wamena.

“Sebagai pejabat baru, beliau ingin bersilaturahmi bersama warga Wamena, sekaligus juga ingin melihat kehidupan prajurinya yang bertugas di Kodim 1702/Jayawijaya,” ujarnya.

Adapun Brigjen TNI Izak Pangemanan begitu senang atas penyambutan yang hangat dari seluruh masyarakat di Distrik Pisugi, sehingga dapat bertatap muka langsung sekaligus memperkenalkan diri sebagai pejabat baru di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

“Ini merupakan kunjungan saya yang pertama kali ke Wamena sebagai Danrem 172/PWY. Selain mengunjungi prajurit, saya juga ingin bersilaturahmi dan bertegur sapa bersama warga,” urainya.

Di sela-sela kunjungan ke wilayah Kodim 1702/Jayawijaya, dirinya juga bersama warga melaksanakan panen raya hipere (sebutan ubi jalar oleh warga setempat).

“Saya sungguh bangga kepada kelompok tani di Kampung Wara yang mampu menghasilkan panen hipere yang melimpah, yang merupakan salah satu makanan pokok masyarakat di Jayawijaya,” jelasnya.

“Ini membuktikan bahwa Kabupaten Jayawijaya yang miliki tanah luas, sangat subur untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan bercocok tanam berbagai jenis tanaman dan sayuran dalam mendongkrak pendapatan petani,” sambung Izak.

Dikatakan pula, dengan hasil panen yang berlimpah, masyarakat tidak perlu merasa khawatir kekurangan kebutuhan pokok terlebih di masa pandemi covid-19 ini.

“Dan apabila kebutuhan pokok sudah terpenuhi, maka sebagian hasilnya dapat dijual untuk memenuhi kebutuhan yang lain, sehingga kehidupan warga semakin meningkat dan sudah pasti kehidupannya akan sejahtera,” ucapnya.

Dengan panen ini, tambah Izak, masyarakat Jayawijaya mampu menghidupi keluarganya dengan bekerja keras memanfaatkan lahan/tanahnya.

“Semoga hal ini dapat dijadikan contoh bagi warga masyarakat di distrik yang lain,” harapnya.

Sementara Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

“Dengan ketekunan dan kerja keras, serta selalu bergotong-royong dalam bekerja, niscaya banyak keuntungan yang akan kita peroleh. Mari kita sama-sama bekerja keras membangun kampung halaman kita,“ pesannya.

Sedangkan Ketua Kelompok Tani Kampung Wara, Obet Alua, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Danrem dan Bupati ke Distrik Pisugi ini.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya yang telah banyak membantu kami dalam peningkatan pertanian di distrik ini. Begitu juga dengan TNI (Kodim Wamena) melalui para Babinsa selalu ada mendampingi petani,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut juga diberikan bantuan sembako dari Danrem kepada Ketua Kelompok Tani, alat kerja dari Bupati Jayawijaya kepada Kadistrik Pisugi serta alat dapur dari Ibu Ketua PKK Jayawijaya kepada Ketua PKK Distrik Pisugi, serta pembagian masker kepada masyarakat oleh Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcabrem 172 Juliet Izak Pangemanan.

Kegiatan diakhiri dengan acara bakar batu dan makan bersama dengan masyarakat yang berlangsung dengan suasana akrab dan penuh kebersamaan. (wepe)