Kastara.ID, Sanggau – Membantu dan memperlancar transportasi bagi warga pedalaman di Entikong, Satgas Yonif R 641/Bru memberikan bantuan perahu kepada masyarakat Dusun Gunjemak dan Dusun Guntembawang, di Desa Suruh Tembawang.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif R 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Sanggau, Kalbar, Sabtu (11/7).

Dikatakan Dansatgas, perahu bagi masyarakat di dua dusun tersebut merupakan upaya Satgas Yonif R 641/Bru, untuk membantu menyediakan sarana transportasi alternatif yang dapat digunakan masyarakat, apabila transportasi jalur darat sulit dilakukan.

“Masyarakat terkadang mengalami kesulitan untuk menggunakan jalur transportasi darat, terutama saat musim penghujan selain menjadi berlumpur, licin, dan beberapa kali tertutup tanah longsor,” kata Kukuh.

“Dengan adanya perahu ini, diharapkan dapat membantu memperlancar tranportasi warga, seperti untuk evakuasi warga yang sakit, mengangkut sembako, atau dalam kondisi mendesak lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam proses pembuatannya, perahu yang diberikan itu merupakan hasil gotong royong antara personel Pos Guntembawang dan warga setempat.

“Rencana pemberian bantuan perahu tersebut sudah lama, namun baru sekarang terealisasi,” ujar Kukuh.

“Terima kasih kepada warga kedua dusun yang ikut membantu menyelesaikan pembuatan perahu tersebut. Kalau kita bekerja bersama-sama, kesulitan apapun Insya Allah akan teratasi,” pungkasnya. (wepe)