Kastara.ID, Jayapura – Dalam upaya meningkatkan percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan bersama Bupati Nduga Yairus Gwijagge secara simbolis meresmikan Koramil 1715-07/Kenyam, Kodim 1715/Yahukimo.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 172/PWY, Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan dalam rilis tertulisnya di Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (11/7).

Diungkapkan Kapenrem, peresmian Koramil 07/Kenyam pada Jumat (10/7), selain sebagai upaya meningkatkan percepatan pembangunan, juga memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kehadiran Koramil Kenyam ini diharapkan makin menghadirkan kenyamanan di wilayah ini sekaligus juga dapat membawa manfaat dan perubahan besar di wilayah ini, baik itu di bidang keamanan maupun di bidang lainnya,” ujarnya.

Ketika meresmikan Koramil Kenyam ini, Danrem Brigjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan, terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Ketua DPR Kabupaten Nduga dan seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta semua yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Saya sungguh bangga bisa sampai dan bertatap muka langsung dengan masyarakat Kabupaten Nduga, sekaligus memperkenalkan diri sebagai pejabat Komandan Korem 172/PWY yang baru,” jelasnya.

“Selaku Danrem, saya akan menjaga dan menjalin hubungan serta mendukung apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nduga,” urai Izak di hadapan warga.

Kehadiran Koramil ini lanjutnya, diharapkan dapat membantu pemerintah setempat dalam membimbing dan menyejahterakan masyarakat.

“TNI dan juga Polri hadir di wilayah ini semata-mata bekerja membantu dan menopang Pemerintah Daerah dalam rangka mempercepat pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Izak juga menyebutkan, kehadiran Koramil ini dapat membantu Pemerintah Daerah dalam memastikan daerah aman, nyaman dan damai.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa daerah ini masih terdapat sedikit kerawanan gangguan dalam keamanan. Kita berharap dengan makin pesatnya pembangunan dapat meminimalisir kerawanan tersebut,” katanya.

Ke depan lanjut Izak, juga akan diresmikan Kodim yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

“Adanya Kodim Nduga diharapkan juga dapat membantu dan mengutamakan kerja bermitra dengan seluruh elemen masyarakat sehingga tercipta Kamtibmas yang diharapkan bersama,” tandasnya.

Sementara Bupati Nduga Yairus Gwijagge mengatakan, kehadiran Kodim dan Polres di wilayah ini dapat membantu menjaga keamanan sekaligus membantu percepatan pembangunan.

“Saya selaku pimpinan Pemerintah Kabupaten Nduga dan masyarakat berharap, dengan adanya Kodim dan Polres, wilayah ini berkembang dalam pembangunan,” kata Yairus.

Yairus menambahkan, kehadiran aparat TNI di wilayah ini juga dapat merangkul masyarakat untuk bersatu bergandeng tangan membangun Nduga yang makin maju lagi.

“Saya minta agar aparat yang bertugas di sini yaitu TNI-Polri teruslah membina masyarakat dan memberikan pemahaman yang baik agar mereka mengerti. Karena itu adalah harapan kami semua selaku Pemerintah Daerah dan tokoh-tokoh perempuan Papua, tokoh Gereja dan tokoh adat di Kabupaten Nduga,” tutur Yairus. (wepe)