Haji

Kastara.id, Makkah – Delegasi Amirul Hajj Indonesia yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Sabtu (11/8) sore waktu Saudi. Di bandara, Menag beserta jajaran menyempatkan diri untuk menyapa jemaah haji Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Menag berpesan kepada seluruh jemaah haji Indonesia, selain berdoa bagi keselamatan diri dan keluarga masing-masing, juga mendoakan masyarakat Lombok yang terkena bencana alam gempa bumi pada Ahad (5/8) lalu.

“Saya berpesan kepada seluruh jemaah haji Indonesia, agar mendoakan saudara-saudara kita di Lombok. Mudah-mudahan masyarakat di Lombok dan Bali tabah dan sabar agar daerah itu segera pulih,” ungkap Menag.

Selain itu, Menag juga berharap seluruh jemaah haji mendoakan keselamatan bangsa dan negara Indonesia agar mampu menghadapi semua cobaan. “Doakan juga perdamaian untuk Tanah Air karena kedamaian harus selalu kita upayakan dan kita perjuangkan,” tutupnya.

Selain Menag Lukman, Delegasi Amirul Hajj Indonesia terdiri dari Naib yakni Yahya Cholil Staquf dari PBNU dan Dadang Kahmad dari PP Muhammadiyah. Sementara Sekretaris Muhammad Isom dari Ditjen Pendidikan Islam Kemenag.

Selain itu, delegasi juga beranggotakan Agus Sartono (Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kementerian PMK), Masduki Baidlowi (Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi), Akhmad Sadeli Karim (Ketua Umum PB Mathla’ul Anwar), Ahmad B. Muhammad Al Atas (Ketua Maktab Daimi Rabithah Alawiyah), Jeje Zainuddin (Wakil Ketua Umum Persis), Rusli Effendi (Sekretaris PB Al Wasliyah), A.Zaini Mawardi (Katib Aam Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Mu’tabaroh Nahdliyah), dan Masjured Munawir (Yayasan Pendidikan Islam Al Muttaqien).

Delegasi juga dilengkapi staf sekretariat yaitu Kabag Tata Usaha Pimpinan Biro Umum Setjen Kemenag Khoirul Huda Basyir dan Kasubdit Kesiswaan Ditjen Pendis Abdullah Faqih. Menurut rencana, delegasi akan berada di Tanah Suci hingga 31 Agustus 2018 mendatang. (put)