Jorge LorenzoJorge Lorenzo, Repsol Honda Team, Jerez MotoGP™ Test. (motogp.com))

Kastara.ID, Jakarta – Mantan pembalap GP asal Australia, Casey Stoner, sempat bergabung dengan tim pabrikan Repsol Honda, yang datang dari Ducati pada tahun 2011 dan mengamankan sepuluh balapan dan gelar MotoGP di musim pertamanya.

Hal yang sama akan dilakukan pembalap Spanyol Jorge Lorenzo yang datang ke Repsol-Honda setelah menghabiskan dua tahun bersama Ducati.

Mengomentari hal tersebut, Stoner yakin bahwa saat ini Honda sedang membangun RC213V yang sesuai dengan keinginan Lorenzo. “Saya yakin dia (Lorenzo) bisa menang (dengan Honda),” tutur Stoner seperti diberitakan Speedweek.

“Saya pikir akan lebih mudah bagi Lorenzo untuk pindah dari Ducati ke Honda. Honda jauh lebih dari motor normal,” imbuhnya yakin.

Stoner menjadi salah satu orang yang berada di sisi Lorenzo saat pembalap Spanyol itu pindah dari Yamaha ke Ducati.

“Butuh waktu lebih lama untuk menang dari yang kami harapkan. Tapi Lorenzo telah membuktikan bahwa dia bisa menang dengan Ducati. Pindah ke Honda akan memotivasi dia, saya tidak ragu dia bisa melakukannya. Saya sangat tertarik melihat apa yang akan terjadi,” jelas The Kuri-kuri Boy.

Selain pernah membela Honda, Stoner juga sempat menjadi ujung tombak pengembangan RC213V dalam perannya sebagai pembalap penguji beberapa tahun.

“Honda bisa memiliki sasis yang berbeda dan bahkan sayap dan geometri yang berbeda. Ketika saya di Honda, Dani Pedrosa dan saya sering membuat keputusan yang berbeda dan saya tahu bahwa Marquez selalu lebih memilih sasis dan set-up yang berbeda dengan Pedrosa. Bahkan mungkin bagi Lorenzo dan Marc Marquez nanti akan memilih pemetaan elektronik yang berbeda,” pungkas Stoner. (lan)