Musrenbang

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, sudah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023. Pada Musrenbang tersebut, pihaknya menyepakati sejumlah program di tahun yang tercantum pada menu kegiatan wajib berupa pembangunan non fisik.

“Sesuai dengan aturan, saat ini pembangunan difokuskan pada kegiatan non fisik yang sudah ditetapkan pada menu kegiatan wajib,” tutur Lurah Harjamukti, Sukmara Wirakusumah usai Musrenbang Kelurahan Harjamukti Tahun 2023 di aula Kantor Kelurahan Harjamukti, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Kamis (13/1).

Menurut Sukmara, menu kegiatan wajib yang akan dilakukan di antaranya membentuk kampung cerdas ramah keluarga dengan menunjuk salah satu RW sebagai percontohan. Lalu penanganan stunting dengan bersinergi bersama Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Harjamukti dalam melakukan pengawasan dan pendampingan.

Kemudian, tambah Sukmara, pihaknya juga akan melakukan pelaksanaan kelurahan layak anak, penyelenggaraan kelurahan sehat, serta pembinaan lembaga kemasyarakatan kelurahan.

Dalam hal ini, Sukmara menyatakan, usulan masyarakat terkait pembangunan fisik tetap diakomodir. Jika usulan tidak dilakukan karena keterbatasan anggaran, maka akan diusulkan melalui perangkat daerah terkait maupun anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Cimanggis.

“Semoga usulan dari masyarakat dapat terakomodir dengan maksimal demi meningkatkan pembangunan di wilayah Kelurahan Harjamukti,” pungkasnya. (dha)