Vaksinasi Booster Lansia

Kastara.ID, Depok – Guna mendukung pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkolaborasi dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dan Yayasan Wings Peduli untuk membuka sentra vaksinasi. Vaksinasi dikhususkan bagi lansia sesuai ketentuan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Lizawati mengatakan, pemberian vaksin booster sementara hanya di RSUI. Untuk pelaksanaan di Puskesmas atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) lain masih menunggu droping vaksin dari Kemenkes.

“Kickoff vaksin booster sudah dilakukan sejak kemarin, Rabu (12/1) di RSUI. Untuk Fasyankes lainnya masih menunggu petunjuk dan teknis dari pemerintah pusat,” tutur Mary yang dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (13/1).

Mary menuturkan, masyarakat dapat melakukan pendaftaran melalui website RSUI pada www.rs.ui.ac.id atau loket.com/event/sentravaksinasirsui-wings. Vaksin yang diberikan ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Adapun untuk syarat dan ketentuan di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI), usia 60 tahun ke atas atau lansia, pendamping lansia usia minimal 18 tahun, serta peserta sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap yaitu dosis pertama dan kedua dengan jenis Sinovac. Lalu jarak pemberian vaksin minimal enam bulan dari dosis kedua.

“Peserta harus mendaftar terlebih dahulu melalui website yang sudah tersedia, dalam keadaan sehat, dan datang sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” tambahnya.

Untuk diketahui, tersedia dua lokasi vaksinasi di RSUI. Yaitu walk in di Gedung Parkir Lantai 1 dan drive thru di Gedung Parkir RSUI khusus kendaraan roda empat. (dha)