Kastara.ID, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto mengatakan, pihaknya telah mengantongi nama yang bakal diusung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2020. Bambang yang kerap disapa Pacul ini menyebut DPP PDIP bakal segera mengumumkannya, tinggal menunggu waktu yang tepat.

Menanggapi hal itu, salah satu bakal calon Wali Kota Surakarta atau Solo, Achmad Purnomo tidak bisa menebak siapa calon yang bakal diusung PDIP. Ia juga tidak ingin berspekulasi terkait nama yang bakal maju sebagai jagoan PDIP Kota Surakarta di Pilkada 2020. Pasalnya Purnomo mengaku tidak bisa menebak siapa yang bakal dipilih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo ini bahkan tidak tahu, kapan DPP PDIP akan mengumunkannya. Purnomo mengaku pasrah dan akan menerima apa pun hasil yang akan diputuskan DPP PDIP. Sebagai kader, Purnomo bakal melaksanakan apa pun keputusan partai.

Saat berkomentar di Solo (11/3), Purnomo mengaku telah menerima tawaran dari sejumlah partai untuk diajukan pada Pilkada Kota Solo yang akan dilaksanakan 23 September 2020. Namun Purnomo menegaskan menolak semua tawaran tersebut. Sebagai kader, ia sudah berjanji akan setia kepada partai berlogo banteng moncong putih itu.

Pada Pilkada Kota Surakarta 2020, Purnomo bakal berpasangan dengan Teguh Prakosa sebagai bakal calon Wakil Wali Kota. Namun asa keduanya bakal menemui hambatan yang cukup berat. Pasalnya putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka juga bernafsu menduduki kursi Wali Kota Surakarta.

Gibran mengaku (10/3), dirinya optimis rekomendasi DPP PDIP bakal diraihnya. Bahkan Gibran telah menyiapkan satu pos komando (posko) pemenangan di Solo. Kelompok relawan juga telah aktif bergerak demi meraih suara untuk pengusaha martabak Markobar ini. (ant)