Pulau Panjang

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu membuat saluran air baru sepanjang 360 meter di lokasi wisata religi Makam Sultan Maulana Mahmud Zakaria, Pulau Panjang, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu, Hendri menuturkan, saluran sepanjang 360 meter tersebut dibuat selebar 30 sentimeter dan kedalaman 40 sentimeter di sepanjang jalan akses masuk ke lokasi makam. Pembuatan saluran air baru ini juga sekaligus untuk mengantisipasi genangan saat hujan deras.

“Saluran dilengkapi dengan bak kontrol berukuran lebar 80×80 sentimeter dan kedalaman 60×60 sentimeter sebanyak satu titik,” ujar Hendri, Ahad (13/3).

Menurutnya, untuk pengerjaan pembuatan saluran dan bak kontrol tersebut, pihaknya mengerahkan sebanyak 20 petugas dari mulai penggalian saluran, pemasangan dinding saluran, pembuatan bak kontrol dan pengecoran.

“Pengerjaan saluran kita lakukan sejak tanggal 9 Maret lalu dan ditargetkan selesai pada akhir Maret mendatang,” tandasnya. (hop)