Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara resmi mengikuti rangkaian pameran terbesar dunia, Dubai World Expo 2020.

Pada hari pertama dan kedua di sun stage dan paviliun Indonesia, penampilan penari tradisional Betawi binaan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta berhasil memukau pengunjung yang hadir pada pameran berskala internasional ini.

Seorang penonton asal Italia, Francesco mengaku senang atas penampilan tarian khas Betawi yang digelar di Paviliun Indonesia pada event Dubai World Expo 2020.

“Saya pikir penampilan tarian Betawi luar biasa. Saya tidak pernah tahu apa-apa tentang Indonesia, tapi pada musim panas ini akan berkunjung melihat pemandangan indah, orang baik dan makanan enak. Saya ingin tahu tentang ini dan berfikir akan menjadi tujuan berikutnya dalam perjalanan nanti,” ujar Francesco, Ahad (13/3).

Sementara penari tradisional Betawi, Anggi Agustina menuturkan, ia bersama tim kesehatan asal DKI Jakarta menikmati penampilan karena mendapat respons positif dari para penonton.

Ia menuturkan, sebagai pelaku seni dirinya merindukan tampil secara langsung di depan penonton dan semakin terasa spesial karena kembali tampil di level pameran internasional seperti Dubai World Expo 2020.

“Senang dan bangga menjadi bagian dari partisipan ataupun performance tim kesenian dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta pada pameran dunia Dubai World Expo 2020. Antusias penonton sangat bagus, bahkan senang saat tim penari mengajak tampil menari bersama,” tuturnya.

Pemprov DKI Jakarta akan mengisi rangkaian acara di Dubai World Expo 2020 pada tanggal 11 hingga 17 Maret mendatang.

Selain menampilkan kesenian budaya Betawi, Pemprov DKI Jakarta akan memamerkan sejumlah produk UMKM, fesyen, dan tentunya potensi investasi yang akan digawangi langsung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta BUMD di antaranya PT MRT, PT Jakarta Propertindo, PT Sarana Jaya, dan PT Transjakarta.

Sekadar diketahui event Dubai World Expo 2020 merupakan pameran internasional untuk menyajikan pencapaian negara-negara dunia yang diselenggarakan oleh Dubai di Uni Emirat Arab.

Dubai World Expo semula dijadwalkan pada 20 Oktober 2020-10 April 2021. Namun, lantaran kondisi pandemi COVID-19, pameran tersebut baru bisa terselenggara pada Oktober 2021 hingga Maret 2022. (hop)