Bansos

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendistribusikan 4.343 paket bantuan sosial (bansos) dalam periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bagi warga sasaran di 13 RW, di Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Lurah Kebon Melati Winetrin mengatakan, ribuan paket sembako tersebut didistribusikan melalui titik lokasi drop off yang sudah ditentukan. Kemudian, pengurus RW dan RT yang mengatur pendistribusiannya.

“Mekanisme penyerahan kepada warga dilakukan secara door to door agar tidak terjadi kerumunan,” ujar Winetrin (12/4).

Winetrin menjelaskan, data warga penerima bansos diperoleh dari Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta yang dihimpun dari kompilasi beberapa sumber data di organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menghindari duplikasi penerima bansos.

“Bagi yang sudah menerima harus memanfaatkan ini dengan baik dan tentunya kami sudah memberi arahan supaya dilaksanakan physical distancing, kewajiban memakai masker, menjaga jarak, dan tetap di rumah,” terangnya.

Camat Tanah Abang Muhammad Yasin Kurniawan Pasaribu menambahkan, bagi warga yang membutuhkan dan memang layak tapi belum menerima bansos bisa segera melapor ke pengurus RT dan RW untuk ditindaklanjuti.

“Kami sudah melakukan rapat dengan pihak kelurahan. Kalau memang perlu bantuan kami akan data lagi, insya Allah akan ada lagi bantuan dari Pemprov DKI Jakarta maupun pemerintah pusat,” tandasnya. (hop)