Bronjong

Kastara.ID, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok tengah melakukan penanganan longsor Perumahan Kopwani Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. Saat ini penanganan dilakukan dengan pemasangan bronjong.

“Agar longsor tidak meluas, saat ini Satuan Tugas (Satgas) kami melakukan pemasangan bronjong pada sisi yang longsor di Perumahan Kopwani, Kecamatan Cilodong,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu (13/4).

Dikatakannya, longsor diperkirakan sudah terjadi beberapa waktu lalu. Namun, pihaknya baru mendapat laporan sekitar satu pekan yang lalu dan langsung menerjunkan satu regu Satgas yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan penanganan. Adapun longsor memiliki tinggi 2 meter dan panjang 12 meter.

“Penyebab longsor, karena intensitas hujan tinggi sehingga struktur tanah dan bebatuan bergerak ke tempat yang lebih rendah. Pekerjaan ini menggunakan anggaran pemeliharaan, tidak ada target. Yang jelas harus sampai selesai,” ungkapnya.

Citra berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi beberapa hari ke depan berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Utamanya waspada terhadap potensi keretakan tanah yang bisa menimbulkan longsor. (dha)