Kastara.ID, Le Mans — Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, comeback ke lintasan akhir pekan ini untuk MotoGP Prancis.

Pembalap Spanyol itu telah absen selama tiga seri karena cedera metakarpal tangan kanannya.

Walaupun kembali balapan, tapi Marquez mengakui kondisinya tidak akan seprima sebelumnya, mengingat dia baru sembuh dan sudah lama tidak naik motor lagi.

“Tentu saja saya sangat senang bisa kembali sekarang. Tapi saya tidak bisa berharap banyak dari akhir pekan ini. Karena sudah satu setengah bulan saya tidak naik motor. Tujuan dari tiga hari ini adalah menemukan kembali ritme dengan motor MotoGP. Kemudian (setelah MotoGP Prancis nanti) kami mendapat tiga akhir pekan libur. Selama waktu ini saya ingin memulihkan kondisi fisik saya. Karena dengan tulang metacarpal yang rusak, sulit untuk berlatih sangat keras di gym. Saya mungkin tidak sebugar di Portimao,” jelas Marquez yang dilansir Speedweek.com.

“Tapi saya juga akan mencoba bekerja untuk tim dan Honda akhir pekan ini. Saya melewatkan tes hari Senin di Jerez, yang merupakan salah satu tes terpenting dalam kalender. Itu sebabnya saya ingin mencoba hal-hal ini di sini. Sayangnya, sepertinya cuaca bisa berubah, tapi kami akan memanfaatkan situasi sebaik mungkin,” imbuh Marquez.

Mulanya Marquez tidak mengatakan secara spesifik apakah “hal-hal dari Jerez” yang dimaksud adalah sasis Kalex yang baru.

Tapi selain rangka made in Jerman itu, tidak ada part atau komponen baru yang dicoba Honda di tes Jerez lalu.

Saat ditanya oleh wartawan, Marquez terang-terangan mengaku akan memakai sasis Kalex di MotoGP Prancis.

“Sangat penting bagi saya untuk mencoba sasis Kalex dan saya sangat setuju. Tentu saja, jika ingin meraih hasil terbaik di akhir pekan GP, ​​menggunakan waktu Latihan untuk tes sasis dan mencoba banyak hal bukanlah strategi terbaik. Tapi sekarang adalah kesempatan untuk melakukannya, karena setelah Le Mans kami akan libur tiga minggu, selama itu kami dapat terus bekerja. Itu sebabnya saya akan mengendarai sasis Kalex di sesi Latihan 1 pada hari Jumat jika cuacanya bagus,” tandas Marquez.

Sesi Latihan 1 MotoGP Prancis akan berlangsung pada Jumat (12/5) kemarin dan berlanjut Sabtu ini. (tra)