Manggarai

Kastara.ID, Jakarta – Bentuk Kepedulian Sosial di Jumat Barokah Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa menyusuri gang sempit padat penduduk di Manggarai untuk memberikan secara langsung bantuan sembako kepada sejumlah warga lanjut usia (lansia).

Lokasi yang disusuri oleh Istri Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa tersebut yaitu pemukiman warga di RT 01 RW 04 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (12/6).

Selain para Lansia yang ada di RT 01 dan di lingkungan RW 04, ratusan bantuan sembako juga diberikan kepada warga yang ada di lokasi sekitar. Tujuannya untuk membantu meringankan pemenuhan kebutuhan dasar bagi para Lansia dan warga kurang mampu akibat terdampak wabah Covid-19.

Dengan berjalan kaki susuri gang sempit pemukiman warga, Hetty juga sempat memberikan bantuan kepada warga yang tinggalnya persis di pinggiran kali Ciliwung.

Atas bantuan yang diberikan Hetty, salah seorang warga bernama Muhadi (87) yang sudah 3 bulan tidak berjualan kopi keliling akibat sakit maag kronis yang dideritanya mengucapkan rasa syukur dan bahagia karena bantuan tersebut sangat berarti bagi dirinya.

“Terimakasih Ibu, karena telah berkunjung dan memberikan saya bantuan sembako dan uang,” kata Muhadi.

Kakek Muhadi sudah 20 tahun tinggal di petak yang berukuran kecil dengan kondisi di dalamnya sangat memprihatinkan. Kakek yang hidup sebatang kara tanpa kerabat dan keluarga ini pun tersenyum sumringah saat keinginannya dikabulkan oleh Hetty.

“Alhamdulillah, Ibu tadi mau membelikan Kasur, tempat tidur, bantal untuk saya,” tuturnya.

Senada dengan Kakek Muhadi, Nenek Wagiyem (62) yang rumahnya dikunjungi Hetty mengaku senang. “Terima kasih, telah memperhatikan saya,” ucapnya

Bukan hanya para lansia dan warga sekitar yang bahagia, Ramlan selaku Ketua RT setempat mengaku senang karena warganya mendapatkan perhatian dari Hetty.

“Ini tepat sasaran, karena warga di RT 01 memang kondisinya terbilang paling kekurangan dibanding warga RT lain di lingkungan RW 04 Manggarai. Karena ada yang menempati tempat tinggal yang tidak layak huni, ada yang tidak memiliki keluarga inti, sehingga kesehariannya hanya sendiri,” jelasnya.

“Apalagi sejak Covid ini, bantuan sembako seperti ini sangat dibutuhkan warga sini,” tambah Ramlan yang sudah lima periode menjabat sebagai ketua RT setempat.

Ia berharap, kegiatan ini rutin dilaksanakan sehingga dapat meringankan beban hidup warganya.

Selain pemberian bantuan sembako di wilayah Manggarai, Persit KCK pada Jumat Barokah ini juga memberikan bantuan sembako kepada duafa, janda, anak yatim, dan marbot di lingkungan RW 07, Kelurahan Grogol Utara, Jaksel, yang didistribusikan oleh Koramil Kebayoran Lama.

Turut hadir mendampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana di Manggarai antara lain Wakil Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Santi Fachruddin beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Pusat. (wepe)