Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar Kampanye Simpatik dalam Rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 Tingkat Kota Depok Tahun 2022. Kegiatan tersebut digelar secara langsung dan virtual dan diikuti oleh lansia yang tergabung dari berbagai organisasi se-Kota Depok.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, kampanye simpatik ini dilakukan agar terwujud lansia yang mandiri, aktif, dan produktif. Sehingga dapat menjadi lansia Depok yang sehat.

“Ini kami lakukan untuk mengampanyekan gaya hidup sehat pada lansia menuju lansia yang sehat jiwa raga,” tuturnya sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Senin (13/6).

Lanjut Mary, melalui kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi pencegahan dan pengelolaan penurunan fungsi organ tubuh pada lansia. Mengingat, makin bertambahnya usia seseorang makin banyak mengalami permasalahan fisik, mental, spiritual, ekonomi, dan sosial.

Dikatakan Mary, penanggulangan terhadap permasalahan pada lansia tersebut tidak cukup dengan upaya kuratif dan rehabilitatif saat seorang lansia telah menderita sakit. Tetapi diperlukan upaya promotif dan preventif melalui berbagai media mengenai pola makan dan gaya hidup yang sehat.

“Salah satunya dengan kampanye simpatik tentang kesehatan lansia ini, sehingga mereka dapat melakukan upaya pencegahan gangguan permasalahan pada usianya,” tambahnya.

Dalam hal ini, kegiatan kampanye simpatik ini menghadirkan narasumber yang menyampaikan beberapa materi. Yaitu Konsultan Psikologi Adriano Rusfi dengan materi bahagia sepanjang masa dan Senior Advisor Lansia Dompet Dhuafa Astrina Yulda dengan materi pencegahan kerentaan pada lansia. (dha)