COVID-19

Kastara.ID, Depok – Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Taman Pemakaman Umum (TPU) Pasir Putih mengerahkan alat berat guna mempercepat proses penggalian kubur. Peralatan ini merupakan bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok.

“Sejak tanggal 3 Juli 2021 kami dibantu Satuan Tugas (Satgas) DPUPR untuk menggali kubur menggunakan dua alat berat berupa spider dan spider mini. Tujuannya untuk memangkas dan mempercepat waktu penggalian kubur,” ujar Kepala UPTD TPU Kota Depok, Abdul Haris, seeperti dilansir situs esmi Pemkot Depok, Selasa (13/7).

Dikatakannya, selama pandemi Covid-19, petugas pemakaman berada di Bawah Kendali Operasi (BKO). Dengan demikian, jumlahnya petugas yang kerahkan pun berubah-ubah, tergantung penugasan dan banyaknya jenazah yang akan dimakamkan.

“Kasus terus meningkat, dibarengi dengan kasus kematian akibat Covid-19. Dalam seminggu terakhir, jenazah yang berdatangan di atas 10. Ambulans juga harus antre untuk menunggu lubang siap,” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi menyebut, pihaknya mengirim lima Satgas dan dua alat berat untuk melakukan penggalian kubur di TPU Pasir Putih. Dirinya berharap, bantuan ini bisa meringankan pekerjaan penggali kubur.

“Atas dasar kemanusiaan kami memberikan bantuan, yaitu Satgas dan alat berat untuk menggali kubur. Karena memang diketahui, saat ini kasus sedang tinggi. Mudah-mudahan bisa meringankan kerja penggali kubur,” tutupnya. (dha)