Imunisasi PCV
Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 1.500 bayi di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, ditargetkan mendapatkan layanan imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV). Layanan imunisasi ini diadakan setiap hari di puskesmas kecamatan dan kelurahan, mulai pukul 08.00 hingga 12.00.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara mengatakan, sasaran imunisasi ini adalah bayi usia dua, tiga, dan 12 bulan.

Untuk mendapatkan imunisasi ini, lanjut Inda, orang tua bayi cukup membawa buku Kartu Imunisasi Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK), agar petugas bisa melihat status imunisasi bayi.

“Imunisasi PCV ini gratis bagi warga. Ini dalam rangka pencegahan infeksi dari bakteri Pneumokokus, yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya. Seperti Pneumonia, Meningitis, hingga Radang Telinga Tengah (Otitis Media),” beber Inda, Selasa (13/9).

Menurutnya, untuk mengoptimalkan kandungan vaksin PCV ini, penerima vaksin harus mengikuti prosedur penyuntikan berkala.

“Harapannya, imunisasi PCV ini bisa terus-menerus dijalankan. Karena ini imunisasi yang sangat penting bagi bayi dan strategis karena dapat melindungi bayi dari infeksi pneumonia,” tandas Inda. (hop)