Donor Darah

Kastara.ID, Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Jakarta Barat hari ini menggelar kegiatan donor darah di Gedung Wali Kota Jakarta Barat, Kembangan, Jakarta Barat.

Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan, kegiatan donor darah tersebut sebagai upaya pemenuhan ketersedian stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta.

Untuk itu, pihaknya akan terus berusaha untuk pemenuhan permintaan darah bagi 48 bank darah rumah sakit, 168 rumah sakit yang tidak memiliki bank darah serta 246 rumah sakit dari luar Jakarta.

“Salah satunya dengan mengintensifkan program jemput bola donor darah semacam ini,” ujarnya (12/10).

Selain itu, untuk pemenuhan stok darah, pihaknya juga menjalin kerja sama donor darah dengan sejumlah lembaga/instansi pemerintah, BUMD, dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Jakarta.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Barat M Matsani menambahkan, kegiatan donor darah yang digelar selama dua hari ini diikuti oleh elemen masyarakat FKDM, RW, RT, dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Hari ini ada 417 pendonor, dan menghasilkan 330 kantong darah. Target kami 700 kantong, mudah-mudahan bisa melebihi target,” tandas Matsani. (hop)