Lumpur

Kastara.ID, Jakarta – Pengerukan lumpur Kali Krukut segmen Jalan Gatot Subroto sampai Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, sepanjang 1,2 kilometer yang dimulai sejak 30 September, saat ini progresnya sudah mencapai 60 persen.

Kasatpel Sudin SDA Kecamatan Setiabudi, Yansori mengatakan, giat gerebek lumpur di lokasi ini dibagi dalam tiga segmen. Segmen pertama mulai dari Jembatan Gatot Subroto sampai Jalan Karet Sawah 2. Untuk segmen dua mulai dari Karet Sawah 2 sampai Jalan Karet Sawah dan segmen tiga dari pintu masuk gedung AIA sampai Jembatan Jalan Jenderal Sudirman.

“Selama hampir dua pekan pengerjaan dari tiga segmen tersebut total sudah mencapai sekitar 60 persen,” ujarnya (12/10).

Diutarakan Yansori, hingga saat ini pengerukan lumpur Kali Krukut sedalam satu meter dengan volume yang akan dikeruk kurang lebih sekitar 5.330 meter kubik terus dilakukan.

Menurut Yansori, untuk pengerukan Kali Krukut ini pihaknya mengerahkan 50 personel Satgas dengan 10 unit alat berat dan 30 dump truck. Setiap harinya, volume lumpur yang berhasil dikeruk berkisar antara 224 sampai 334 meter kubik.

“Dengan pengerukan lumpur ini daya tampung kali lebih banyak. Bila berjalan lancar pengerukan akan kelar dua pekan ke depan,” tandas Yansori. (hop)