Depok

Kastara.ID, Depok – Warga RW 10 Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari melakukan pengasapan atau fogging di wilayahnya pada Ahad (12/21) kemarin. Upaya ini untuk memberantas nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD di musim hujan.

Ketua RW 10 Serua, Muhammad Azwar menuturkan, pengasapan menyasar tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk, mulai dari saluran air, tempat penampungan sampah hingga pekarangan rumah warga.

“Kami tidak hanya waspada Covid-19 saja, tapi juga siaga terhadap penyakit lain, salah satunya DBD ini,” tuturnya seoperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Senin (13/12).

Dikatakan Azwar, pengasapan dilakukan oleh warga secara swadaya. Dengan menggunakan satu mesin fogging dan satu liter cairan obat.

“Peran warga juga dibutuhkan dalam menjaga kebersihan lingkungan serta melakukan langkah-langkah pencegahan DBD. Yaitu menguras tempat penampungan air dan mengubur barang yang sudah tidak terpakai,” katanya.

Dia mengungkapkan, saat ini ada tiga anak yang terjangkit DBD di wilayahnya. Menurutnya, tiga anak tersebut sudah mendapatkan perawatan medis.

“Alhamdulillah sudah mendapatkan perawatan dari puskesmas setempat,” tutupnya. (dha)