Seperti diketahui tempat isolasi terpusat (isoter) PSJ UI menyediakan 56 TT bagi pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan tanpa komorbid. Dengan rincian 4 TT berstatus tidak tersedia, 52 TT tersedia dan 39 TT kosong.“Jadi 13 TT itu dengan persentase 25 persen terisi. Pasien 8 perempuan  dan 5 laki-laki,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (13/3).

Mary menjelaskan, PSJ UI sudah mulai beroperasi kembali pada 31 Januari kemarin. Sebelumnya, tempat isoter Kota Depok tersebut ditutup pada akhir November 2021 lantaran kasus Covid-19 sudah melandai. Namun kini dibuka lagi karena persentase kasus positif atau positivity rate mengalami peningkatan di Kota Depok.

“Per tanggal (12/3) pasien yang telah selesai Isolasi sebanyak 160 pasien dan total pasien APS sebanyak  19 orang. Sehingga Total pasien Checkout keseluruhan selesai Isolasi ditambah Rujuk 179 orang,” jelasnya.

Untuk menjadi pasien isolasi, Mary menuturkan, terdapat beberapa kriteria untuk dapat menjalankan isoter di PSJ UI. Yaitu memiliki KTP atau domisili Kota Depok dilengkapi dengan surat keterangan RT-RW, atau bekerja di wilayah Kota Depok.

Lalu, berstatus positif Covid-19, tidak memiliki komorbid, dan tidak bisa menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kemudian berusia lebih dari 15 tahun dan maksimal 60 tahun serta kondisi mandiri tidak memerlukan bantuan orang lain.

“Sedangkan untuk pendaftaran pasien dapat dilakukan melalui rujukan puskesmas setempat,” pungkasnya. (dha)