JIS

Kastara.ID, Jakarta – Berbagai upaya terus dilakukan PMI DKI Jakarta untuk memenuhi kebutuhan kantong darah. Di Wilayah DKI Jakarta sendiri tercatat setiap harinya membutuhkan 1.000-1.200 kantong darah.

Selain memanfaatkan kegiatan donor darah serta unit donor darah (UDD), PMI DKI Jakarta juga berencana membuka gerai donor darah di Jakarta International Stadium (JIS) saat berlangsungnya event atau setiap akhir pekan.

Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mewujudkan rencana tersebut.

“Nanti setiap event apakah olahraga atau musik, kami buka untuk kawan-kawan yang akan menonton sekaligus berdonor darah dengan tema Sport Kemanusiaan,” ujarnya, Senin (14/3).

Dikatakan Rustam, pihaknya bersama PMI Jakarta Utara sudah berkunjung untuk melihat langsung bangunan JIS sekaligus melihat potensi lokasi yang tepat untuk membuka gerai.

Tidak sekadar menyediakan fasilitas donor darah, keberadaan gerai juga akan dimaksimalkan untuk kampanye kemanusiaan sesuai program PMI, sehingga masyarakat yang datang ke JIS akan teredukasi pentingnya donor darah dan aksi kemanusiaan PMI.

“Tidak hanya setiap event saja, tapi momentum tertentu misalnya saat akhir pekan banyak yang berkunjung kita buka gerai donor darah di JIS,” tandasnya. (hop)