Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Muhammad Taufik melakukan kunjungan ke Sky View Deck Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bagian lantai teratas dari JIS itu dimanfaatkan menjadi area jogging track.

“Stadion ini multifungsi. Salah satunya ada bagian jogging track yang terbuka untuk umum,” ujar Taufik, saat mengunjungi JIS (13/3).

Menurut Taufik, keberadaan jogging track tersebut menambah keunggulan stadion JIS dengan berbagai sarananya. Selain sebagai tempat berolahraga, keberadaan jogging track di ketinggian 72 meter itu bisa menjadi lokasi wisata.

“Saya tidak tahu apakah nanti berbayar atau tidak, itu tergantung pengelola. Tapi saya kira perlulah,” tambahnya.

Direktur Pengembangan Aset PT Jakpro, Gunung Kartiko mengatakan, secara umum pembangunan JIS sudah mencapai 98 persen. Pembangunan sesuai standar green building platinum dan tentunya FIFA sebagai pemegang kebijakan sepakbola internasional.

“Yang menarik di bagian top roof deck kita sedang membangun jogging track. Target kita awal April sudah selesai kemudian dibuka untuk umum,” katanya.

Ditambahkan Gunung, bagian jogging track pada fasilitas tersebut memiliki lebar tiga meter dengan panjang total mengelilingi stadion sepanjang 950 meter. Pembangunan jogging track menggunakan material beton dan baja dengan lantai beton freecast.

Demi menjaga keamanan, pengguna fasilitas jogging track dibatasi maksimal 100 orang saja pada saat bersamaan. Di bagian tepi jalur juga dibatasi pengaman expanded metal setinggi 1,5 meter.

“Pengaturannya nanti kita atur gratis atau berbayar. Tapi tidak bisa free semua karena ada alasan keamanan,” tandasnya. (hop)