MotoGP-Amerika-2019(motogp.com)
Kastara.ID, Austin – Marc Marquez kembali mengukuhkan dominasinya di kualifikasi MotoGP Amerika 2019 di Cirkuit of the America (COTA), di Austin. Kali ini The Baby Alien meraih catatan waktu terbaik 2 menit 03,787 detik dari total enam lap yang ditempuhnya, Sabtu (13/4) atau Ahad (14/4) dinihari WIB.
 
Bahkan Valentino Rossi yang sedang memperlihatkan grafik menanjak, belum mampu mengimbangi laju Marquez. Dengan raihan pole position di kualifikasi MotoGP Amerika ini, sekaligus menjadi raihan yang ketujuh berturut-turut sejak COTA masuk kalender pada 2013.
 
Penetrasi Rossi yang terus berlanjut sejak di Argentina, hasil kali ini terhitung bagus mengingat ia berhasil mengamankan start kedua.
 
Demikian pula dengan Cal Crutchlow. Bersama LCR Honda, Cruthclow mampu meraih posisi tiga besar, sekaligus menyisihkan pembalap Pramac Racing, Jack Miller.
 
Pol Espargaro mendulang torehan baik lewat keberhasilan grid kelima. Ia mengungguli Maverick Vinales yang harus puas posisi keenam, serta di depan Alex Rins.
 
Pembalap anyar Ducati, Danilo Petrucci, mengisi grid ke delapan. Di belakangnya ada duet Petronas Yamaha SRT, yakni rookie Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. 
 
Kompatriot Marquez, Jorge Lorenzo, kembali mengalami masalah teknis saat kualifikasi. Rantai motornya terlepas pada menit-menit awal. Ia pun akhirnya menuntaskan sesi dengan posisi ke-11. Sedangkan rookie Francesco Bagnaia grid ke-12.
 
Hasil kualifikasi mengecewakan ditorehkan Andrea Dovizioso. Gagal melaju ke fase Q2, DesmoDovi akan mengawali balapan dari start ke-13. Ini merupakan hasil terburuknya sejak Jerez 2017.
 
MotoGP Amerika akan berlangsung Senin (15/4) dini hari, mulai pukul 02:00 WIB. (lan)