Bansos

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hari ini akan mendistribusikan sebanyak 74.919 paket bantuan sosial (bansos) untuk wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Paket sembako tersebut didistribusikan ke 170 RW yang tersebar di 18 kelurahan. Rinciannya, 47 RW di Jakarta Timur, 102 RW di Jakarta Utara, dan 21 RW di Kepulauan Seribu.

Kepala Bidang Perlindungan Dinas Sosial DKI Jakarta Ika Yuli Rahayu mengatakan, untuk Jakarta Timur akan didistribusikan 20.498 paket sembako, Jakarta Utara 54.503 paket sembako, dan Kepulauan Seribu sebanyak 4.418 paket sembako.

“Pendistribusian dari Perumda Pasar Jaya langsung ke RW-RW. Titik drop off yang menentukan RW setempat karena Perumda Pasar Jaya sudah memiliki kontak masing-masing RW,” ujarnya, Selasa (14/4).

Ika menjelaskan, bansos berupa bahan pangan, masker, hingga sabun ini langsung diantar ke rumah warga. Sehingga, tidak ada warga yang berkumpul untuk mengambil bantuan dan meminimalisasi potensi penularan COVID-19.

“Satu paket sembako diberikan untuk satu Kepala Keluarga. Adapun data warga penerima bantuan diperoleh dari Gugus Data Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, serta Biro Tata Pemerintahan,” tandasnya.

Untuk diketahui, program bansos ini berlangsung selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan. Adapun bantuan sosial diperuntukkan bagi warga miskin dan rentan miskin terdampak COVID-19.

Bantuan yang diberikan berupa paket komoditas bahan pangan pokok seperti beras satu karung seberat lima kilogram, sarden dua kaleng kecil, minyak goreng satu pouch, biskuit dua bungkus, dua masker kain, serta dua batang sabun mandi. (hop)