RSUD Pasar Minggu

Kastara.ID, Jakarta – Laboratorium darurat COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu sejak dioperasikan pada Kamis (9/4) lalu telah memeriksa 600 sampel.

Kepala UP Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Endra Muryanto mengatakan, rata-rata sebanyak 200 sampel diperiksa setiap hari.

Ratusan sampel tersebut diperiksa oleh 12 relawan tenaga medis yang dibagi dua sif per harinya. Setiap sif beranggotakan enam orang tenaga medis.

“Satu sif itu bisa mengerjakan 80-90 sampel. Hasil pemeriksaan nanti akan dikirim ke Litbangkes Kemenkes dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta,” ujarnya (13/4).

Endra menjelaskan, meskipun berbentuk kontainer, fasilitas di laboratorium darurat COVID-19 di RSUD Pasar Minggu sudah sesuai standar Labkesda DKI Jakarta.

“Ada biosafety cabinet level 2A, freezer, dan peralatan lab lainnya, sesuai dengan standar di Labkesda,” terangnya.

Ia menambahkan, penanganan COVID-19 perlu dilakukan secara cepat terutama dalam mengidentifikasi pasien dinyatakan positif atau negatif.

“Ada rencana penambahan fasilitas dan kapasitas, kami masih menunggu kebijakan dari Kepala Dinas Kesehatan,” tandasnya. (hop)