Megawati Soekarnoputri

Kastara.ID, Jakarta – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno menyatakan partainya akan segera menggelar Kongres V pada 8–10 Agustus 2019 di Bali. Artinya PDIP mempercepat pelaksanaan kongres yang seharusnya dilaksanakan pada 2020. Hal ini menimbulkan spekulasi apakah PDIP bakal memilih ketua umum baru.

Hendrawan tidak secara detail menjelaskan terkait hal tersebut. Ia hanya menyebut kongres dilaksanakan untuk harmonisasi jadwal kegiatan internal dan eksternal partai. Hendrawan berdalih penjelasan lebih rinci akan disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

Sementara itu Sekretaris Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari menyatakan setiap kongres memang selalu beragendakan pemilihan ketua umum baru. Hal ini tidak hanya terjadi di PDIP melainkan juga di partai-partai lain. Meski demikian Eva menolak menyebut secara lebih detail terkait rencana kongres yang dipercepat tersebut.

Seperti diketahui, terakhir kalinya PDIP menggelar kongres pada 2015. Pada Kongres IV PDIP di Bali, Megawati Soekarnoputri kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum untuk periode 2015-2020. Namun mantan Presiden RI kelima itu belakangan kerap memberikan sinyal tak lagi menduduki pucuk pimpinan partai berlambang banteng moncong putih ini.

Saat menyampaikan pidatonya pada 2018, Megawati seolah ingin membuka jalan bagi proses regenerasi di PDIP. Kendati demikian mayoritas kader PDIP masih ingin putri Proklamator Soekarno itu memimpin partai yang baru saja menjadi pemenang Pemilu 2019 ini. (rya)