Kelurahan Tirtajaya

Kastara.ID, Depok – Lurah Tirtajaya M. Imron mengajak warganya untuk cerdas dalam memilah dan mengolah sampah. Terutama sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap hari.

Imron mengatakan, pada (9/6) lalu, pihaknya bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memberikan pembinaan kepada warga terkait pemilahan sampah. Langkah ini dilakukan untuk membiasakan masyarakat mengolah sampah langsung dari sumbernya.

“Pembinaan tentang pemilahan dan pengolahan sampah terus kami gencarkan ke warga agar mereka paham bahwa sampah harus diolah minimal dari sumbernya,” katanya, sebagaimana dilansir situs resmi Pemkot Depok, Senin (14/6).

Imron menuturkan, sampah rumah tangga dapat dipilah berdasarkan kategorinya. Sampah jenis organik bisa diolah menjadi pupuk, dan anorganik didaur ulang menjadi barang bernilai guna.

Sampai saat ini, tutur Imron, Kelurahan Tirtajaya memiliki kurang lebih 70 bank sampah. Jumlah ini cukup membantu warga dalam mengolah sampah.

“Jika warga Tirtajaya sudah mau mengolah sampah setidaknya dapat mengurangi beban sampah yang masuk ke TPA Cipayung,” tandasnya. (dha)