PKK

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta, Fery Farhati bersama Ketua Bidang Pokja I TP PKK DKI Jakarta, Elisa Sumarlin melakukan kunjungan dan pembinaan ke Pusat Informasi dan Konsultasi Keluarga (PIK Keluarga) RW 04 Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam kunjungan, Fery menekankan pentingnya kader menyentuh masyarakat dan mampu menjaga kepercayaan mereka.

“Kader harus menjaga kepercayaan bahwa yang mereka lakukan untuk mencari solusi bukan memperberat masalah dengan informasinya tersebar,” ujar Fery, di sela-sela kunjungannya, Selasa (14/6).

Agar dapat membangun kepercayaan, Fery menekankan peningkatan kualitas melalui berbagai pelatihan sehingga kader memiliki keahlian dan profesional dalam melayani.

Sejak 2020, Bidang Pokja 1 TP PKK DKI Jakarta sudah menjadikan PIK Keluarga sebagai salah satu progam unggulan dan melakukan berbagai giat peningkatan kualitas kader.

Kemudian, Fery juga mengingatkan tugas utama kader PIK Keluarga bukan sebagai konselor melainkan menjadi sumber informasi terdepan bagi warga. Kader PIK Keluarga harus bisa memberikan informasi dan berupaya menyambungkan dengan stakeholder yang memiliki porgram solutif sesuai permasalahan mereka.

Karena itu, pemahaman dan kekayaan informasi kader sangat dibutuhkan agar dapat memberikan solusi bagi masyarakat. Termasuk menyambungkan dengan stakeholder sektor private yang memiliki program kemasyarakatan agar tujuan membangun keluarga yang baik, berkualitas dan sehat benar-benar terealisasi massif di DKI Jakarta.

“Mudah-mudahan pola ini bisa dibentuk di berbagai tempat agar keluarga di Jakarta itu akses informasinya ada dari kader PIK. Kemudian ada juga akses menyelesaikan permasalahan sosial sehingga terselesaikan sebelum membesar,” tandasnya. (hop)