Japan Airlines

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Jepang dikabarkan bakal mengirimkan pesawat khusus ke Indonesia guna mengevakuasi warganya. Langkah ini dilakukan sebagai respon atas lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia sejak beberapa pekan terakhir. Hal itu disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato seperti dikutip Nikkei Asia (13/7).

Katsunobu menyatakan, Pemerintah Jepang memutuskan memulangkan warganya dari Indonesia. Tindakan ini sebagai langkah antisipasi sekaligus melindungi warga Jepang agar bisa pulang sesegera mungkin ke negara asalnya. Katsunobu berharap semakin banyak warga Jepang yang bisa meninggalkan Indonesia.

Katsunobu menambahkan, beberapa warga Jepang di Indonesia akan pulang pada hari Rabu (14/7) ini menggunakan pesawat. Pemerintah Jepang menurut Katsunobu akan melakukan langkah serupa beberepa hari setelahnya. Upaya ini lantaran ada permintaan dari warga Jepang yang saat ini masih berada di Indonesia.

Kantor berita Jepang, NHK melaporkan lima warga Jepang yang bermukim di Indonesia meninggal dalam kurun waktu 26 Juni hingga 5 Juli 2021. Mereka meninggal setelah terinfeksi virus corona atau Covid-19. Lima orang itu adalah pegawai perwakilan perusahaan Jepang di Indonesia.

Sedangkan menurut catatan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, sejak Desember 2020, jumlah warga negeri matahari terbit itu yang meninggal dunia mencapai 10 orang. Semuanya diketahui terpapar Covid-19.

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Indonesia soal keputusan Jepang yang akan mengevakuasi warganya.

Seperti diketahui, kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai rekor tertinggi. Pada Selasa (13/7) terdapat 47.899 kasus Covid-19 baru. Secara kumulatif jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 2.615.529 kasus. (ant)