MotoGP Belanda 2022(motogp.com)

Kastara.ID, Jakarta – Sirkuit Lusail saat ini sedang dalam tahap pengerjaan renovasi besar-besaran.

Karena itu, Qatar tidak akan menjadi seri pembuka untuk tahun depan, demi mendapat waktu yang luar untuk perbaikan sirkuit.

Dorna Sports selaku penyelenggara telah mengumumkan bahwa Portimao di Portugal akan menjadi balapan pembuka 2023.

Para pembalap memberikan pendapat mereka tentang perubahan ini.

“Kami selalu bilang bahwa ketika Anda datang ke Eropa pada awal musim, Anda melihat potensi sebenarnya dari para pembalap. Saya ingin tahu apakah sesuatu akan berubah sekarang. Tapi saya senang karena saya menyukai Portimão,” ujar Bagnaia memberikan komentar seperti dimuat Speedweek.com.

“Tidak ada yang istimewa bagi saya karena saya belum lama berada di MotoGP. Ini hanya sirkuit yang berbeda dan kami tidak balapan di malam hari. Saya suka treknya,” jelas Quartararo antusias.

Aleix juga mengomentari perubahan ini. “Ya, itu akan sangat aneh bagi saya karena Qatar selalu sangat istimewa. Lintasan yang benar-benar berbeda, negara yang berbeda dan di bawah sinar bulan dan lampu sorot selalu menjadi sesuatu yang istimewa. Saya suka Portimao tapi saya akan merindukan Qatar,” katanya.

Bagimana pendapat Rins yang tahun depan akan menjadi pembalap Repsol Honda?

“Tentunya akan sedikit berbeda dari biasanya. Saya sudah berada di Grand Prix sejak 2012 dan kami selalu berangkat ke Qatar seminggu sebelumnya, misalnya untuk mengikuti tes IRTA. Tapi Portimao bagus untuk saya, ini trek yang bagus,” papar Rins.

Miller juga memberikan padangannya. “Tanggalnya terlihat bagus, akhir Maret, itu memberi saya lebih banyak waktu di rumah,” imbuh Miller.

Seri pembuka MotoGP musim 2023 akan berlangsung di Portugal pada akhir Maret mendatang. (tra)