Bursa Kerja

Kastara.ID, Jakarta – Pameran Bursa Kerja (Job Fair) yang digelar Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) DKI Jakarta di lima wilayah kota administrasi dirasakan manfaatnya bagi para pencari kerja.

Tercatat 1.235 pencari kerja lolos seleksi dan telah bekerja di sejumlah perusahaan setelah mengikuti Job Fair gelombang I pada 27 Juli-11 Agustus 2022 lalu.

Rinciannya, Jakarta Pusat (288 orang), Jakarta Selatan (242 orang), Jakarta Utara (232) orang, Jakarta Barat (252 orang), dan Jakarta Timur (221 orang).

Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, Pameran Bursa Kerja gelombang I diikuti 200 perusahaan yang menyediakan lebih dari 20.000 lowongan.

“Untuk progres penempatan tenaga kerja pada Job Fair gelombang 1 sebanyak 1.235 orang dari jumlah pendaftar kurang lebih 4.000 orang per wilayah. Proses seleksi di beberapa perusahaan masih berjalan,” ungkapnya, Rabu (14/9).

Menurut Andri, masalah pengangguran yang terjadi selama ini disebabkan perbandingan pertambahan jumlah pengangguran dengan ketersediaannya lowongan kerja yang tidak seimbang.

Ketidakseimbangan itu juga memicu kurangnya informasi antara perusahaan pengguna tenaga kerja dengan pencari kerja. Di mana perusahaan-perusahaan sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi jabatan.

“Sehingga terjadi ketimpangan yang mengakibatkan jumlah pengangguran semakin meningkat,” ucap Andri.

Maka dari itu, sambung Andri, Pameran Bursa Kerja ini diselenggarakan untuk mempertemukan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

“Hal ini untuk membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan dan pengguna tenaga kerja mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan formasi kebutuhan perusahaan,” terangnya.

Ucapan syukur dan apresiasi datang dari Azriel Fauzan (20), seorang pencari kerja yang kini diterima di perusahaan setelah mengikuti Job Fair gelombang I.

Pemuda asal Tebet, Jakarta Selatan yang sudah dua tahun menganggur ini mengaku mendapat informasi Bursa Kerja dari media sosial.

Ia langsung mendaftar secara online sebagai peserta dan hadir di Job Fair di PGC pada 28 Juli 2022 lalu.

“Saya sangat bersyukur karena Job Fair ini memberikan lapangan pekerjaan bagi saya yang telah dua tahun menganggur. Akhirnya saya bisa mendapat pekerjaan berkat adanya Job Fair,” tandas Azriel. (hop)