Pulau Wisata Sejarah

Kastara.ID, Jakarta – Kawasan wisata sejarah Taman Nasional Arkeologi Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu sudah dibuka lagi untuk umum setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai Senin (12/10).

Kepala Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta Berkah Shadaya mengatakan, wisatawan yang datang tetap harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

“Ayo berwisata ke Pulau Onrust dengan aman dan sehat. Terlebih, dari sini wisatawan juga bisa mengunjungi Pulau Kelor dan Pulau Cipir karena lokasinya berdekatan,” ujarnya (13/10).

Ia menjelaskan, saat berwisata pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan di sarana cuci tangan yang telah disedikan, mengikuti pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area wisata, menjaga jarak.

“Kami memberlakukan kapasitas maksimal sebanyak 50 persen dari kondisi normal. Ini untuk memastikan tidak terjadi kerumunan dan memungkinkan dilakukannya physical distancing,” terangnya.

Berkah menambahkan, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, pihaknya bekerja sama dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu secara berkala melakukan penyemprotan disinfektan terhadap sarana dan prasarana wisata.

“Perlu kerja sama antara pengelola dan pengunjung untuk sama-sama mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga atau mencegah penularan COVID-19,” tandasnya. (hop)