Oslo

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Nadia Diposanjoyo menjadi salah satu wakil dari Jakarta dalam Lokakarya C40 Cities di Oslo, Norwegia, pekan lalu.

Pertemuan yang diikuti 10 kota besar di dunia ini membahas berbagai upaya mengembangkan diri menjadi kota yang bersih, nyaman, dan sehat bagi warganya. Selain perwakilan dari Jakarta, kota lain yang hadir pada lokakarya ini di antaranya Austin, Nanjin, London, Los Angeles, Madrid, Mexico City, San Fransisco, dan Seattle.

Menurut Nadia, pembenahan Jakarta yang dicanangkan Gubernur Anies Baswedan dalam program Urban Regeneration mirip dengan start awal Oslo menjadi kiblat dunia untuk kota yang bersih, sehat, dan nyaman.

“Oslo itu Electric Vehicle Capital City Of The World, ibukota dunia kendaraan listrik. Semua jenis kendaraan dan alat transportasi sudah beralih ke listrik. Peralatan pembangunan infrastruktur juga menggunakan tenaga listrik,” katanya, Kamis (14/11).

Dari 94 kota besar dunia yang tergabung dalam kelompok C40 ini, ungkap Nadia, Jakarta merupakan salah satu kota penting yang memiliki tekad melakukan perubahan radikal perbaikan kualitas udara sekaligus meningkatkan peluang kesehatan, kesejahteraan, dan ekonomi warga.

Dalam C40 ini, Jakarta menjadi komite pengarah bersama Amman, Boston, Kopenhagen, Durban, Hong Kong, London, Los Angeles, Mexico City, Milan, Paris, Seoul, dan Tokyo.

Sebagai bagian dari komite pengarah, Jakarta ikut memberikan arahan dan tata kelola yang strategis dalam mengatasi perubahan iklim dan peningkatan kesejahteraan bagi sesama.

“Bagi dunia, tujuan akhirnya menjaga iklim tetap kondusif dan menahan laju suhu global yang terus memanas,” tandasnya. (hop)