Piodalan

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi akan mengirim tim untuk mendalami pembubaran upacara keagamaan Piodalan yang digelar di sebuah rumah, di Dusun Mangir Los, Desa Mangir, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta (12/11).

Mantan wakil panglima TNI itu mengaku ingin mengetahui latar belakang penolakan warga setempat dan mencoba untuk menengahi.

Hingga saat ini, Fachrul mengatakan belum bisa langsung memberikan jaminan semua warga negara Indonesia bisa melaksanakan kegiatan keagamaan masing-masing. Namun ia memastikan pihaknya mencoba menjembatani satu per satu masalah yang terjadi.

Sebelumnya, Fachrul pernah menyatakan dirinya bukanlah menteri yang hanya mengurusi agama Islam saja, sebab ada lima agama yang diakui di Indonesia.

Untuk diketahui, sekelompok warga memprotes upacara keagamaan Piodalan yang dilaksanakan di sebuah rumah di Dusun Mangir Los, Desa Mangir, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Acara tersebut diprotes dan diminta untuk bubar, Selasa (12/11) sore.

Massa yang berasal dari berbagai daerah itu beralasan upacara keagamaan tak boleh dilakukan di dalam rumah.

Upacara Piodalan merupakan ritual keagamaan dalam rangka peringatan terhadap Mahalingga Padma Bhuwana Manggir yang merupakan sebuah situs peninggalan dari Ki Ageng Mangier. Ritual itu memiliki makna membawa umatnya ke dalam sebuah kehidupan beragama yang lebih baik. (yan)