Moto 2 Valencia 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Valencia – Setelah pertarungan panjang dan perjuangan keras dengan rekan setimnya di Red Bull KTM Ajo Raul Fernandez, akhirnya Remy Gardner memastikan dirinya meraih gelar juara dunia Moto2.

Keberhasilan itu berkat raihan finis di posisi kesepuluh di Motul Grand Prix Valencia. Hasil tersebut menjadi cara sempurna untuk mengucapkan selamat tinggal pada kelas menengah saat ia bersiap sebagai pebalap MotoGP di tahun 2022.

Beberapa statistik kunci tercatat di balik upayanya merebut gelarnya tahun ini.

Remy Gardner adalah pebalap Australia pertama yang meraih gelar Moto2 dan yang kedua melakukannya dalam kategori menengah balap GP bersama dengan Kel Carruthers pada tahun 1969.

Selain itu, dengan ayahnya Wayne dinobatkan sebagai Juara Dunia di kelas 500cc pada tahun 1987, mereka adalah Juara Dunia ayah/anak kedua, bersama dengan legenda MotoGP Kenny Roberts dan Kenny Roberts Jr. 

Dengan lima kemenangan di kategori menengah, Remy Gardner imbang dengan Casey Stoner di posisi kedua dalam daftar pebalap Australia tersukses di kelasnya di belakang Kel Carruthers (tujuh kemenangan).

Kemenangan pertama Juara Dunia Moto2 datang di GP Portugal pada tahun 2020.

Jumlah lima lap balapan tercepat yang dibuat oleh pembalap Australia di Moto2.

Jumlah enam pole position sudah diraih Gardner selama karirnya di Kejuaraan Dunia. Keenamnya datang di Moto2, yang pertama di Assen pada 2019.

Remy Gardner adalah pebalap Australia ketujuh yang meraih gelar dunia GP bersama dengan Casey Stoner (dua gelar), Mick Doohan (5), Kel Carruthers (1), Tom Phillis (1), Keith Campbell (1) dan rekan-rekannya. ayah Wayne Gardner (1).

Berusia 23 tahun 263 hari, Gardner adalah pembalap termuda kedelapan yang meraih gelar di Moto2, di belakang Alex Marquez (23 tahun 194 hari).

Remy Gardner telah memenangkan lima balapan pada tahun 2021, kurang tiga balapan dari rekan setimnya Raul Fernandez. Namun, dia adalah pembalap dengan podium terbanyak di Moto2 musim ini, dengan 12 podium, sama dengan rekan setim rookie-nya.

Selamat atas kesuksesan yang memang layak didapatkan, Remy! (tra)