Kecamatan Sawangan

Kastara.ID, Depok – Sebanyak 14 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya tergerus longsor di pinggir Kali Pesanggrahan di Jalan Usman Botong, RT 003 RW 002, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan direlokasi oleh Kecamatan Sawangan. Upaya tersebut dilakukan pihak kecamatan untuk menjamin keselamatan warga dari bencana longsor susulan.

“Semua warga terdampak longsor Kali Pesanggrahan sudah kami pindahkan ke rumah kontrakkan yang lokasinya lebih aman,” ujar Camat Sawangan, Anwar Nasihin seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (13/12).

Dikatakannya, bencana longsor ini terjadi pada tahun 2018 akibat adanya pergeseran posisi Kali Pesanggrahan. Selain itu juga curah hujan yang tinggi dan kontur tanah yang labil.

“Menurut informasi dari warga, jalur kali pesanggrahan bergeser sejauh ratusan meter,” katanya.

Anwar menambahkan, pihaknya bersama lurah sudah beberapa kali meninjau lokasi kejadian. Hal itu dilakukan guna memastikan perkembangan kondisi di lokasi sehingga bisa dibuatkan laporan kondisinya dan disampaikan ke pimpinan dan dinas terkait serta pemerintah pusat agar dapat segera ditangani.

“Kami juga sudah melakukan rapat secara intensif dengan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) serta dinas-dinas terkait agar masalah ini segera ditangani. Baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, provinsi maupun nasional,” tutupnya. (dha)