Sakit Jantung

Kastara.ID, Jakarta – Innalillahi wa innailaihi rajiun. Ketua Umum Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi, Abraham Lunggana atau akrab disapa Haji Lulung meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Harapan Kita.

Wakil Ketua Umum I Bamus Betawi, Muhammad Rifki atau akrab disapa Eki Pitung mengatakan, Haji Lulung wafat hari ini sekitar pukul 10.50 WIB di RS Harapan Kita setelah menjalani perawatan selama 12 hari karena sakit jantung.

“Saya sebagai pribadi dan warga Betawi merasa sangat kehilangan sosok beliau. Duka saya yang mendalam atas wafatnya Haji Lulung, pemimpin, panutan, dan abang saya,” ujarnya, penuh kesedihan, Selasa (14/12).

Eki menjelaskan, perjuangan Haji Lulung untuk kemajuan dan eksistensi Betawi tidak perlu diragukan lagi. Pikiran, tenaga, dan materi beliau relakan untuk perjuangan memajukan seni budaya dan masyarakat Betawi.

“Beliau orang yang sangat mengajarkan kita untuk bisa menjadi tuan rumah di kampung sendiri dengan baik dan profesional. Menempatkan diri sebagai mitra pemerintah dan jangan mentang-mentang,” ungkapnya.

Menurutnya, Haji Lulung menitipkan pesan agar bisa terus melanjutkan estafet perjuangan menjaga marwah Betawi dan terus melakukan regenerasi.

“Beliau punya leadership yang sangat baik, mengayomi dan dangat bijaksana. Beliau sebelumnya tidak pernah mengeluh ada sakit jantung, baru sekitar satu tahun lalu beliau menyampaikan ke saya,” terangnya.

Eki menambahkan, untuk rencana waktu dan lokasi pemakaman akan diinformasikan lebih lanjut.

“Saya masih dalam perjalanan ke rumah sakit. Nanti saya infokan kembali ya,” tandasnya.

Untuk diketahui, Haji Lulung lahir pada 24 Juli 1959. Selain menjadi Ketua Umum Bamus Betawi, Haji Lulung juga dikenal sebagai politisi yang menjadi anggota hingga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta serta menjadi anggota DPR RI. (hop)