Kastara.ID, Jakarta – Forum Sunmori Lampung (FSL) awalnya merupakan perkumpulan bikers yang biasa mengadakan giat riding Ahad pagi. Namun dalam perjalanan waktu berkembang menjadi wadah yang lebih positif dan meluas hingga berbagai daerah di Provinsi Lampung.

Seperti pada Ahad (10/12) lalu, FSL menggelar riding wisata jelajah Lampung Barat. “Sudah beberapa tahun belakangan kami bergiliran saling kunjung dan sharing positif dalam agenda sunmori gabungan dengan rekan-rekan pegiat sunmori di tiap Kabupaten. Kebetulan momen jelang akhir tahun ini teman-teman dari Sunmori Lampung Barat bersedia menjadi tuan rumah,” papar Bro Agus Docil yang biasa disapa Pak Lurah FSL.

Start dari titik kumpul masing-masing wilayah pada Sabtu (9/12). “Kami sudah saling berkoordinasi sebelumnya untuk membagi perjalanan tiap timnya dipecah menjadi beberapa rombongan apabila lebih dari 10 bikers biar konvoi lebih safety, bahkan ada Dewi lady bikers dari Jakarta ikut riding juga. Dan karena banyak juga bikers muda yang aktif dalam tiap sunmori, kami mewajibkan tiap rombongan ada minimal dua bikers yang dianggap sudah dewasa dan memiliki pengalaman touring mengingat jarak tempuh rata–rata dari tiap titik keberangkatan di kisaran 4-5 jam dan merupakan jalan lintas Sumatera,” ujar Bro Ohen dari Brotherscuil.

Tiba di Lampung Barat hampir seluruh peserta bermalam dan beristirahat di penginapan sekitar lokasi acara.

”Mempererat silaturahmi dan sharing untuk membentuk citra bikers yang lebih positif karena belakangan memang marak di Provinsi Lampung gangster bermotor yang mencoreng citra bikers. Bikers not criminal-lah hobi bermotor kita harus lebih positif yang memang menjadi misi giat ini, dan kami dari Sunmori Lampung Barat merasa bangga dengan antusias peserta yang hadir hingga sekitar 500 bikers. Semoga juga menjadi healing untuk teman-teman yang hadir karena Lampung Barat tuh panoramanya instagramable dan memorable,” ungkap Bro Hendro Susilo selaku ketuplak acara dan tuan rumah Sunmori Lampung Barat.

Keesokan harinya giat dimulai dengan safety fun ride menikmati Kota Liwa dan menuju venue di taman wisata Sekolah Kopi Lampung Barat. Tampak hadir juga Ketua Umum KONI Lampung Barat Parosil Mabsus dan Anggota DPRD Edi Novial yang sangat mengapresiasi sekali giat ini.

Kehadiran beberapa youtuber/motovlog ikut memeriahkan suasana dan fun games serta banyaknya doorprize dari sponsor menjadi gimmick seru untuk peserta yang hadir.

“Dalam giat ini seperti biasa yang FSL lakukan menggalang donasi dari teman–teman yang akan kami serahkan berupa material bahan bangunan untuk rumah ibadah yang sedang di bangun/renovasi. Semoga hal–hal positif ini terus terjaga,” pungkas Mocha, Ladies Bikers Sunmori Lampung Barat. (lan)