Sandiaga Uno

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berencana untuk meningkatkan daya Tarik pariwisata nasional dengan membentuk satuan tugas (satgas) toilet nasional.

Menurutnya, satgas tersebut jawabannya atas pesan Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjdaitan yang ingin agar toilet di tempat wisata dibenahi.

“Waktu saya bilang satgas toilet nasional itu banyak sekali yang daftar, termasuk ibu saya dan istri saya karena kalau ke tempat baru itu mereka selalu mengecek kebersihannya,” ucapnya dalam rapat bersama Komisi X (14/1).

Tak hanya merepresentasikan baik buruknya tempat pariwisata, Sandiaga menilai kebersihan toilet juga merupakan langkah awal untuk memulai lompatan besar di sektor pariwisata.

“Jadi sebetulnya revolusi kita, termasuk revolusi mental, revolusi pariwisata, adalah saya beranggapan bermulanya di toilet itu dua atau tiga tempat yang kita kunjungi tiap hari tanpa bisa diwakilkan,” tuturnya.

Sandiaga juga menyoroti masalah toilet tempat wisata yang menarik bayaran. Menurutnya toilet gratis yang bersih lebih baik dan karena itu harus diprogramkan.

“Toilet harus bayar di tempat wisata, masa 75 tahun merdeka ke toilet aja harus bayar. Ini nanti saya mau ngomong sama Bu Wamen sama Pak Sesmen. Apa kita bisa buatkan program,” tandasnya. (ant)