Our Eyes Joint Statement

Kastara.id, Jakarta – Enam negara Asean menyepakati Our Eyes Joint Statement atau komitmen mempromosikan perdamaian, stabilitas keamanan, kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara. Keenam negara tersebut, Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Philipina, dan Thailand.

“Kesepakatan tersebut merupakan gagasan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang disepakati dalam ASEAN Defence Minister Meeting (ADMM) yang dihadiri para Menhan Negara-negara ASEAN di Singapura, lalu,” kata Kepala Pemberitaan Pusat Komunikasi Publik Kolonel Czi Heru Prayitno dalam Coffee Morning dengan awak media, di Kantor Kemhan, Kamis (15/2).

Heru menjelaskan, pada pertemuan tersebut Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu mengungkapkan kesepakatan tersebut didasari atas persamaan konsep pada sistem serta mekanisme pengamanan, pengawasan, serta pananganan berbagai bentuk ancaman dan tantangan terorisme.

Mengingat dampak yang ditimbulkan oleh ulah kelompok terorisme, radikalisme, mulai dari merekrut simpatisan dari kalangan publik hingga ide-ide atau gagasan radikal yang mereka sebarkan sudah cukup mengkhawatirkan.

Menurut Menhan komitmen yang disepakati adalah untuk menjaga stabilitas keamanan terutama pada level kawasan. Kemudian, bentuk komitmen kesepakatan tersebut berfokus pada kerja sama melalui pelaksanaan strategic information exchange dari enam negara tersebut.

“Kerja sama trilateral yang kita buat, salah satu fokus utamanya untuk mendeteksi keberadaan teroris dan juga meniadakan perompak-perompak trilateral yang selama ini mengganggu stabilitas keamanan negara-negara di ASEAN,” ungkap Menhan.

Menhan menambahkan bahwa ‘Joint Statement’ juga bertujuan untuk merevisi “Strategic Information Exchange” yang sebelumnya digunakan dalam Trilateral Cooperative Arrangement’ (TCA) dan dikembangkan dalam Our Eyes. “Karena kita bersama menangani berbagai bentuk ancaman terhadap keamanan di domain maritim, hingga saat ini kita terus meningkatkan kerja sama melalui pelaksanaan strategic information exchange ini,” katanya.

Joint Statement mengenai kerja sama ‘our eyes’ telah disepakati oleh Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, Wakil Menteri Pertahanan Brunei Darussalam, Halbi Mohd Yusof, dan Menteri Pertahanan Malaysia Hishammudin Tun Hussein.

Tidak hanya itu, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, Menteri Pertahanan Filipina Delfin N Lorenzana, dan Menteri Pertahanan Thailand Prawit Wongsuwan, juga menyepakati ‘Joint Statement’ tersebut.