Kastara.ID, Austin –  Awal pekan ini pembalap Turki, Toprak Razgatlıoğlu, telah sukses menggelar tes motor Yamaha M1 MotoGP di Sirkuit Jerez, yang berlangsung selama dua hari. Tes ini sangat memuaskan bagi Yamaha dan tentu saja menyenangkan bagi Toprak.

Tapi apa sebenanrya tujuan tes Toprak ini, mengingat sekarang namanya mulai dikaitkan sebagai pengganti pembalap Italia, Franco Morbidelli di tim Monster Energy Yamaha.

Bos Yamaha MotoGP, Lin Jarvis menerangkan bahwa Morbidelli adalah prioritas utama mereka untuk tahun 2024 mendatang.

Tapi syaratnya harus bisa tampil cepat dan konsisten. Jika tidak, maka Yamaha berhak mencari pengganti dan salah satu pembalap yang diperhitungkan pabrikan Iwata adalah Toprak.

“Bagi kami tes ini adalah kesempatan bagus untuk melihat potensi apa yang bisa dimiliki Toprak di MotoGP di masa depan. Dia telah menyatakan minatnya, yang normal – setiap pembalap suatu hari ingin tahu bagaimana dia akan melakukannya di kelas utama,” ungkap Jarvis kepada MotoGP.com dan dilansir Speedweek.com.

Tapi Toprak bukan satu-satunya calon untuk Yamaha 2024. Yamaha hanya punya dua motor di MotoGP, karena itu dia butuh pembalap yang cepat.

Jika Morbidelli bisa melanjutkan performa yang konsisten, maka dia adalah pilihan utama.

Tapi jika pembalap Italia itu masih bermaslah seperti tahun-tahun sebelumnya, maka Yamaha akan melihat pilihan lain, salah satunya Toprak.

“Kecil kemungkinan Yamaha mendapat tim satelit tahun depan. Kami ingin melihat empat M1 di grid sesegera mungkin, tapi itu sulit tahun depan karena berbagai alasan. Tentu kami bersama tim pabrikan sejak awal, di mana kontrak Franco habis pada akhir 2023,” papar Jarvis.

“Skenario ideal bagi kami adalah jika dia dapat melanjutkan performanya seperti terakhir kali. Jika dia terus melakukannya dengan baik, itu sempurna bagi kami karena kami membutuhkan dua pembalap cepat dan secara otomatis akan menjamin kesinambungannya bersama kami. Opsi pertama kami adalah melanjutkan dengan Franky. Jika opsi ini tidak berhasil, mari kita lihat-lihat. Itu sebabnya kami memungkinkan pengujian dengan Toprak Razgatlioglu,” tandas Jarvis.

Morbidelli sendiri baru-baru ini mulai menunjukkan berkembangan dengan finis empat besar di MotoGP Argentina.

Jika tetap seperti ini maka tak ada alasan Yamaha mendepaknya, tapi jika gagal maka Morbidelli sudah jelas akan diganti. (tra)