Kastara.ID, Jakarta – Menindaklanjuti Seruan Gubernur DKI Jakarta No. 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19 pada Masa Libur Idulfitri 1442 H/2021 M, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Utara menyiagakan para personelnya di seluruh Taman Pemakaman Umum (TPU).

Kepala Seksi Operasi dan Penindakan Satpol PP Jakarta Utara, Purnama mengatakan, pihaknya menyiagakan sejumlah personel untuk melakukan pengawasan dan pengamanan di TPU-TPU dalam rangka mendukung kebijakan peniadaan sementara kegiatan ziarah kubur selama tanggal 12-16 Mei 2021 atau dalam masa libur lebaran untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Setiap TPU kami siagakan empat sampai lima petugas. Kami juga bekerja sama dengan petugas gabungan lainnya dari TNI/kepolisian,” ujarnya, Sabtu (15/5).

Seperti diketahui, seluruh TPU di wilayah Jakarta Utara ditutup sementara untuk kegiatan ziarah selama masa libur ldulftri tahun ini. Ada sembilan TPU di Jakarta Utara yang ditutup, yakni TPU Semper, TPU Kampung Mangga, TPU Plumpang, TPU Tegal Kunir, TPU Sungai Bambu, TPU Malaka I, TPU Malaka IV, TPU Jembatan Sampi, dan TPU Rorotan.

“Untuk sementara kegiatan ziarah di TPU tidak diperbolehkan. Kami memberikan edukasi, woro-woro kepada masyarakat bahwa hal ini untuk mencegah terjadi kerumunan yang bisa berpotensi menimbulkan penyebaran COVID-19. Sedangkan untuk proses pemakaman (penguburan) masih berjalan seperti biasa tetapi dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Purnama menjelaskan, pihaknya bersiaga di TPU bersama personel dari kepolisian dan TNI melakukan pengawasan dan pengamanan di TPU dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Gubernur DKI terkait penutupan sementara aktivitas ziarah makam. Pengawasan dan pengamanan ini dilaksanakan sejak Rabu lalu (12/5) dan berlanjut sampai Ahad (16/5).

“Seperti di TPU Dharma Jaya (yang juga dikenal dengan nama TPU Semper) kami siagakan anggota Satpol PP Kecamatan Cilincing. Kami arahkan anggota untuk berkeliling ke dalam TPU. TPU ini termasuk TPU besar dan biasa ramai peziarah setiap Hari Raya Idulfitri dari tahun ke tahun. Kemarin masih ada sejumlah warga yang sempat datang untuk berziarah. Karena mereka sudah terlanjur ada dalam TPU, maka kami berikan penjelasan dan arahan ke mereka. Mereka pun paham dan kembali pulang,” tuturnya.

Tak hanya di TPU, sambung Purnama, pihaknya juga menyiagakan personel untuk fokus bersiaga di titik-titik keramaian seperti di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, PIK (Pantai Indah Kapuk), dan kawasan Danau Sunter.

“Pengawasan di titik-titik keramaian ini juga menjadi prioritas kami selama masa libur lebaran. Pelanggaran yang kerap kami temui yaitu adanya kerumunan. Kami langsung membubarkan kerumunan itu sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M,” tandasnya. (hop)