Konser

Kastara.ID, Jakarta – Musisi kenamaan Iwan Fals mendapat cibiran warganet. Hal ini setelah Iwan memposting cuitan di media sosial (medsos) yang menyebut putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep layak menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Dukungan Iwan terhadap Kaesang diungkapkan melaui cuitan di akun twitternya, @iwanfals (14/5). Dalam cuitannya, penyanyi lagu Bongkar ini mengatakan, kemampuan Kaesang terlihat sejak mengambil alih klub sepakbola Persis Solo. Sejak ditunjuk sebagai Direktur Utama (Dirut) Persis, Kaesang langsung bergerak cepat mendatangkan beberapa pemain top nasional.

Salah satu pemain yang sudah pasti bergabung dengan klub berjuluk Laskar Sambernyawa ini adalah Evan Dimas Darmono. Gelandang Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang sebelumnya memperkuat Bhayangkara FC itu sepakat memperkuat klub kebanggaan warga Solo yang saat ini berlaga di kompetisi Liga 2 itu.

“Kayaknya cocok nih jadi menpora,” kata Iwan dalam cuitannya. Iwan yang juga penggemar sepakbola ini menyebut Kaesang memiliki tubuh yang atletis. Penyanyi yang dulu kerap menyayikan syair lagu kritis terhadap pemerintah Orde Baru ini yakin sepakbola Indonesia akan maju jika Kaesang menjadi Menpora.

Menanggapi cuitan penyanyi dengan nama asli Virgiawan Listanto itu, warganet pun banyak mencibir. Pemilik akun @alrahzal berkomentar mengapa bukan Evan Dimas saja yang jadi Menpora kalau kriterianya berbadan atletis. Pemilik akun mempertanyakan apa standar Iwan terhadap sosok Menpora.

Pemilik akun @boysablon777 membuat cuitan unik. Ia meminta Iwan mengecek rekeningnya, siapa tahu ada transferan uang. “Cek rekening om, siapa tau udh di TF pakde.”

Pemilik akun @Wardana_MU1878 menyatakan, bukankah Kaesang ahli di bidang pisang. Pasalnya selama ini Kaesang dikenal sebagai pengusaha kuliner pisang goreng nuget. Menurut pemilik akun, antara pisang dan sepakbola nggak nyambung.

Warganet lain, pemilik akun @mohammadsr99 menyarankan Kaesang lebih dahulu menjadi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). “Beh, jadi pengurus PSSI aja. Butuh sosok muda disana. Secara Ratu Tisha sudah keluar beh.”

Namun ada pula warganet yang mendukung pernyataan Iwan. Pemilik akun @FMnogorojjo menilai tidak ada yang salah dengan cuitan pelantun lagu Wakil Rakyat itu. Menurutnya siapa saja boleh menduduki sebuah jabatan, termasuk Kaesang menjadi Menpora.

Pemilik akun berdalih yang penting olahraga Indonesia melesat cepat dan menjadi hebat. Selain itu jika Kaesang menjadi Menpora juga tidak melanggar hukum. (ant)