Arborsonic 3D Tomograph

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Kehutanan DKI Jakarta mulai tahun ini sudah memiliki enam unit alat penguji kesehatan pohon Arborsonic 3D Tomograph. Alat yang didatangkan dari Hongaria ini bertujuan untuk mengetahui beberapa bagian pohon yang berongga dan juga bagian yang membusuk pada sebuah pohon.

Kepala UPT Pengembangan Tanaman Perkotaan Dinas Kehutanan DKI Jakarta Yati Sudiharti mengatakan, dengan adanya alat ini dilakukan pencegahan dini pohon tumbang. “Mekanisme alatnya dipasang di batang pohon kemudian ada indikatornya. Sehingga, bisa dideteksi kondisi kekuatan dan kesehatan pohon,” ujarnya, Kamis (15/8).

Yati menjelaskan, pihak penyedia barang dari Hongaria akan datang ke Jakarta untuk memberikan pelatihan pengoperasian alat tersebut kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) pada akhir Agustus mendatang.

“Akan ada transfer knowledge. Nantinya, dari setiap Sudin mengirim perwakilan sebanyak 25 PJLP,” terangnya.

Ia menambahkan, ke depan pohon-pohon yang terdeteksi tidak sehat dan berpotensi rawan tumbang akan diberikan tanda untuk ditebang. “Adanya alat ini memungkinkan langkah antisipatif pencegahan pohon tumbang. Sehingga, bisa meminimalisir dampak kerugian materiil maupun korban dari pohon tumbang,” tandasnya. (hop)